Proxy

Internet adalah sesuatu yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Saat ini hampir semua aktivitas mulai dari sekolah, pekerjaan, urusan rumah tangga atau sekedar hiburan mengandalkan internet. Akibatnya, hampir semua orang mengakses internet untuk mencari informasi apa pun.

Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, risiko kejahatan online dan pencurian data juga meningkat. Oleh karena itu, peran server proxy penting untuk menjamin keamanan. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang server proxy? Simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini, muatan!!

Apa itu Server Proksi?

Sebelum mengetahui server proxy, Anda perlu mengetahui apa itu proxy. Proxy adalah sistem yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan internet untuk menyembunyikan identitas pengguna yang sebenarnya. Artinya data yang dikirim ke website target akan menggunakan alamat IP server proxy.

Kemudian untuk melakukan tugas di atas proxy memerlukan server yang disebut server proxy. Server proxy adalah perangkat komputasi atau perangkat lunak, atau sistem yang berfungsi memproses permintaan menggunakan proxy dan bertindak sebagai agen jaringan untuk pengguna dan server target.

Jadi ketika pengguna mengakses internet atau suatu website, mereka tidak langsung menuju website yang dituju karena terlebih dahulu melewati server tersebut. Penggunaan proxy juga membuat aktivitas yang dilakukan menggunakan internet menjadi lebih aman karena informasi pengguna akan disembunyikan dengan bantuan proxy.

Kehadiran server proxy juga efektif untuk menggunakan gateway dimana semua koneksi selanjutnya akan diatur dalam pengaturan yang sesuai.

Server proxy sering digunakan untuk mengamankan jaringan yang terhubung ke jaringan publik. Dalam server proxy, server biasanya ditempatkan di antara aplikasi server dan aplikasi klien; Di sini aplikasi klien dapat ditemukan: browser internet, klien FTP dan banyak lagi. Sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan server web.

Server proxy dapat berupa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet publik. Misalnya, proksi HTTP melewati akses web, sedangkan proksi SMTP melewati akses email.

Apa fungsi Server Proksi?

Berbagi koneksi dimana server proxy bertindak sebagai hub atau terminal.

Menyaring atau mengurutkan informasi. Transfer informasi menggunakan Internet dapat mencegah serangan virus atau malware.

Caching artinya data sementara hasil aktivitas internet akan disimpan di server.

Masking adalah fungsi dari server proxy; yaitu menyembunyikan atau menyembunyikan identitas pengguna, terutama alamat IP.

Apa manfaat dari Server Proksi?

Selain mempunyai fungsi yang sangat penting, proxy server juga mempunyai banyak kelebihan sebagai berikut.

Lindungi privasi pengguna

Dengan fungsimasking Proxy server memungkinkan alamat IP pengguna disembunyikan dan diganti dengan IP proxy saat pengguna sedang browsing internet sehingga website tidak menerima atau mengetahui informasi pengguna.

Akses situs web yang diblokir

Server proxy pasti dapat membuka akses ke konten yang diblokir oleh penyedia. Hal ini dikarenakan cara kerja server proxy yang menyembunyikan IP pengguna sehingga permintaan akses ke server yang diblokir otomatis diperbolehkan. Karena tidak termasuk IP yang ada di daftar blokir.

Menghemat bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Function Caching Proxy server adalah kemampuan server proxy untuk menyimpan cache. Alhasil, ketika pengguna ingin mengakses website yang dikunjunginya misalnya, proxy hanya perlu mengaksesnya lagi dari cache. Karena tidak semua permintaan perlu dirutekan ke server target sebenarnya, dan memulai dari awal dapat menghemat bandwidth sekaligus meningkatkan kecepatan.

Periksa penggunaan internet

Anda tidak hanya dapat membuka akses yang diblokir, server proxy juga dapat digunakan untuk memblokir akses ke konten yang diizinkan untuk dibuka oleh sejumlah kecil orang. Misalnya, dalam keluarga, orang tua mungkin membatasi akses ke situs web yang berbahaya atau tidak sesuai dengan usianya.

Meningkatkan keamanan yang lebih baik

Server proxy juga memiliki keunggulan dalam meningkatkan keamanan saat menggunakan internet. Karena server proxy mengatur pemfilteran dan pertukaran data terenkripsi dari semua data masuk dan keluar untuk melindunginya dari virus dan malware. Hal ini tentu saja dapat menghalangi pengguna asing untuk memantau aktivitas online pengguna lainnya.

Pengguna atau perusahaan juga dapat menggabungkan server proxy dengan jaringan pribadi virtual (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu dapat mengakses internet melalui proxy kantor.

Apa saja jenis Server Proksi?

proksi anonim: jenis ini memberi tahu situs web target bahwa pengguna menggunakan server proxy, tetapi tidak meneruskan alamat IP pengguna ke situs tersebut

proksi transparan: Jenis ini memberi tahu situs web yang ditargetkan bahwa pengguna menggunakan server proxy dan mengirimkan alamat IP pengguna.

Jangan merusak proxy: mirip dengan anonim, alamat IP pengguna akan diubah menjadi alamat IP palsu saat mereka membuka situs target.

Proksi anonimitas tinggi: Jenis proxy yang paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten di Internet karena jenis proxy ini secara berkala mengubah alamat IP pengguna dengan nama samaran.

proksi ke depan: Jenis yang paling umum digunakan. Tipe ini bertindak sebagai perantara antara sekelompok pengguna dan internet melalui satu jalur koneksi.

Pilih jenis Proxy Server sesuai kebutuhan Anda

Demikian ulasan lengkap mengenai proxy server yang perlu Anda ketahui. Dengan beragam fungsi, manfaat dan jenisnya, Anda dapat memilih server proxy yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Harap diingat juga bahwa Anda memilih layanan yang dapat diandalkan untuk menjaga keamanan; Pilih layanan VPS atau hosting terbaik dan terpercaya, seperti Biznet Gio.

Biznet Gio adalah penyedia layanan cloud server dan hosting di Indonesia. Saat ini Biznet Gio memiliki sertifikasi keamanan terlengkap sehingga tidak hanya memiliki performa handal, namun juga standar keamanan terbaik. Saat ini, sertifikasi keamanan Biznet Gio adalah ISO 27701 (standar manajemen informasi privasi), ISO 27017 (keamanan cloud), ISO 27018 (privasi cloud dan perlindungan data), ISO 27001 (keamanan privasi).

Sertifikasi di atas juga melengkapi sertifikasi SOC 2 Tipe II (sertifikasi prinsip dan kriteria layanan kepercayaan keamanan), PCI-DSS sebagai standar keamanan informasi milik industri kartu pembayaran internasional (PCI), serta sertifikasi ISO 9001, kualitas kelas internasional pengelolaan. standar.

Leave a Comment